Share This
 
Brands
 
Shopping Cart
0 items
 
Live Chat

Bagian Komputer


komang@0817357436/
flexi@03618431333
pin BB@2A484EF4balian.komputer

Silahkan Chat/Telp untuk info harga ter-Update.

Terima Kasih

 
 
Guest Statistics
Sedang Online : 3
Hari ini : 47
Minggu Ini : 194
Keseluruhan : 4191
 
JNE
AWB Number:


 

Tim Kesenian India Meriahkan PKB

Tim Kesenian India Meriahkan PKB

Tim kesenian India akan tampil memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) XXXIV memasuki hari keempat, di kalangan Ayodya, Taman Budaya Denpasar, Rabu (13/6) pukul 20.00.

Tim kesenian India merupakan salah satu dari enam grup kesenian mancanegara yang ikut memeriahkan aktivitas seni tahunan Pulau Dewata, kata Kepala Seksi Pelestarian dan Pengembangan Seni pada Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Putu Sedana, yang juga panitia PKB di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan, penampilan tim kesenian India merupakan salah satu dari lima jenis pertunjukkan yang disuguhkan pada hari keempat PKB mulai dari siang, sore hingga malam hari.

Pementasan tersebut diawali dari penampilan tari-tari kreasi yang dipersembahkan oleh sanggar tari Taman Sari Denpasar di kalangan Angsoka Taman Budaya Denpasar mulai pukul 11.00 Wita.

Parade joged bumbung, tari pergaulan muda-mudi dipersembahkan Sekaa Joged Kuwum Mambal Marga, Kabupaten Tabanan di kalangan Angsoka, Taman Budaya Denpasar mulai pukul 16.00 waktu setempat.

Kesenian joged bumbung menampilan penari remaja putri dengan rambut panjang terurai dihiasi  bunga cempaka putih dan kuning serta "gegelungan", perhiasan kepala yang dibuat sedemikian rupa khas Pulau Dewata.

Diiringi alunan suara "rindik", musik instrumen gamelan tradisional yang terbuat dari bahan bambu, para penari tampil gemulai dengan mengumbar senyum  yang mengundang kegairahan penonton.

Suasana pementasannya sangat akrab dan jauh dari kesan formalitas. Penonton umumnya berharap dapat menari bersama, dalam bahasa daerah setempat disebut "Ngibing".

Penonton kaum kawula muda itu duduk atau berdiri berdesakan melingkari arena pentas. Mereka menanggil-manggil penari joged agar datang dan menyentuhkan kipas kepadanya sebagai undangan untuk menari bersama.

Tontonan joged bersifat partisipatif, seperti halnya tarian pergaulan sejenis di daerah lain seperti Jaipongan di Jabar dan Ganrung di Banyuwangi.

Pada hari itu juga disuguhkan parade Arja, kesenian khas Bali yang melantumkan aneka jenis tembang sambil menari oleh Sanggar Graha Kumata Santi Desa Culik, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem di Gedung Ksiarnawa, Taman Budaya Denpasar mulai pukul 20.00 Wita.

Parade gong kebyar wanita tampil berhadapan Sekaa gong Mekar Suara Santi Lingkungan Puri Kanginan Kabupaten Bangli dengan Sekaa Praja Nara Swari Kabupaten Klungkung.

Dua duta seni yang tampil secara bergantian dalam satu panggung itu berlangsung di panggung terbuka Ardha Candra Taman Budaya Denpasar mulai pukul 20.00 Wita, ujar Putu Sedana.

 

 

 

 

Sumber ; http://oase.kompas.com/read/2012/06/12/15352096/Tim.Kesenian.India.Meriahkan.PKB